Perbedaan GPT dan MBR

Posted on

Perbedaan GPT dan MBRSource: bing.com

GPT (GUID Partition Table) dan MBR (Master Boot Record) adalah dua jenis partisi yang digunakan dalam sistem operasi komputer. Meskipun tujuan utama keduanya adalah untuk mengatur ruang penyimpanan dalam hard drive, ada beberapa perbedaan penting antara GPT dan MBR yang perlu dipahami.

Apa itu GPT?

Apa Itu GptSource: bing.com

GPT adalah sebuah standar partisi disk yang digunakan pada sistem operasi modern seperti Windows 10, macOS, dan Linux. GPT menggunakan GUID (Globally Unique Identifier) untuk mengidentifikasi setiap partisi dalam hard drive. GUID adalah serangkaian angka unik yang diberikan kepada setiap partisi dalam sistem.

GPT mendukung partisi dengan ukuran hingga 18,4 juta terabyte, yang jauh lebih besar daripada batasan 2,2 terabyte yang dimiliki oleh MBR. Selain itu, GPT juga mencatat cadangan partisi dan informasi lainnya di akhir hard drive, sehingga memungkinkan pemulihan yang lebih mudah jika terjadi kerusakan pada sektor awal hard drive.

Apa itu MBR?

Apa Itu MbrSource: bing.com

MBR adalah metode partisi yang lebih tua yang digunakan pada sistem operasi lama seperti Windows XP dan versi sebelumnya, serta beberapa versi Linux. MBR menggunakan Master Boot Record, yang terletak di sektor pertama hard drive, untuk mengatur partisi dan memulai proses booting sistem operasi.

Batasan utama dari MBR adalah kemampuannya untuk mengelola partisi dengan ukuran maksimum 2,2 terabyte. Jika hard drive Anda memiliki ukuran lebih dari itu, MBR tidak akan dapat mengenali dan menggunakan ruang penyimpanan tambahan tersebut. Selain itu, MBR juga tidak memiliki mekanisme pemulihan yang sama seperti GPT jika terjadi kerusakan pada sektor awal hard drive.

Perbedaan Utama antara GPT dan MBR

Perbedaan Utama Antara Gpt Dan MbrSource: bing.com

See also  Apakah GetContact Aman?

Ada beberapa perbedaan utama antara GPT dan MBR, yaitu:

1. Ukuran partisi: GPT mendukung partisi dengan ukuran hingga 18,4 juta terabyte, sementara MBR hanya mendukung partisi dengan ukuran maksimum 2,2 terabyte.

2. Keamanan data: GPT menyimpan cadangan partisi dan informasi lainnya di akhir hard drive, sehingga memungkinkan pemulihan yang lebih mudah jika terjadi kerusakan pada sektor awal hard drive. MBR tidak memiliki mekanisme pemulihan yang sama.

3. Kompatibilitas: GPT kompatibel dengan sistem operasi modern seperti Windows 10, macOS, dan Linux, sementara MBR lebih sesuai untuk sistem operasi lama.

4. Jumlah partisi: GPT mendukung hingga 128 partisi dalam satu hard drive, sedangkan MBR hanya mendukung hingga empat partisi primer.

Penutup

Dalam kesimpulannya, GPT dan MBR adalah dua jenis partisi yang digunakan dalam sistem operasi komputer. GPT lebih modern, mendukung partisi dengan ukuran lebih besar, dan memiliki mekanisme pemulihan yang lebih baik. Sementara itu, MBR lebih cocok untuk sistem operasi lama dengan batasan partisi yang lebih kecil. Penting untuk memilih jenis partisi yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat mengatur hard drive komputer Anda.

Related video of Perbedaan GPT dan MBR

Gravatar Image
I'm Indonesian. Happy to tinker with Websites, especially the WordPress Platform. With this blog, I aim to be able to find friends whose interests are the same as mine. Contact me on the contact page, bro..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *